Browse » Informasi Sekolah » Praktek IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Praktek IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Praktek IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Pembelajaran IPA di SD. Puri Artha dilakukan dengan cara melibatkan langsung anak-anak kedalam materi melalui praktek sehingga mudah dipahami dan dapat dipraktekan sendiri di rumah.

Salah satu materi IPA yang pembelajarannya dilakukan dengan praktek adalah materi tentang perkembangbialan tumbuhan.  Seperti diketahui perkembangbiakan tumbuhan dapat terjadi secara generative dan vegetative.

Perkembangbiakan generative adalah perkembang biakan yang didahului oleh peristiwa penyerbukan sehingga menghasilkan biji.  Perkembangbiakan vegetative adalah perkembangbiakan tumbuhan melalui bagian tubuhnya.

Perkembangbiakan vegetative terbagi dua yaitu perkembangbiakan vegetative alami dan perkembangbiakan vegetative dengan bantuan manusia.

Untuk lebih memudahkan memahami maka kelas 6 a dan kelas 6b tahun lalu mengadakan praktek perkembang biakan vegetative dengan cara menyambung.  Mereka menggabungkan dua macam jenis kamboja dengan bunga yang berbeda.

Praktek perkembangbiakan pada pelajaran IPA ini dilakukan secara berkelompok.

Bahan dan alat yang digunakan adalah

  1. Satu buah cutter atau pisau
  2. Dua  jenis tanaman kamboja berbeda warna
  3. Satu buah plastic pembungkus es mambo
  4. Satu bah stiker

Cara Kerja

  1. Pilihlah satu batang Kamboja untuk tanaman bawah kemudian bagian batang dipotong tangkai atasnya dan dibelah dua dengan panjang kira 1-2 cm
  2. Potong tangkai kamboja beda warna kemudian dibuat potongan  lancip/miring ujungnya  masukan ke dalam batang kamboja yang telah dibelah sebelumnya kemudian diikat oleh plastik pembungkus es
  3. Simpan tanaman kamboja ini ke tempat yang tidak terkena hujam
  4. Lakukan perawatan tanaman seperti penyiraman dan pemupukan seperti biasa
  5. Setelah  dua bulan bukalah plastik pengikat sambungan kamboja tadi dan perhatikan jika ada tunas atau pertumbuhan daun dan tidak membusuk maka proses penyambungan berhasil.

Praktek IPA Menyambung ini telah dilakukan setiap tahun.  Bunga sepatu yang beraneka macam warna di halaman SD. Puri Artha adalah salah satu contoh hasil praktek menyambung pada pelajaran IPA oleh murid-murid SD. Puri Artha.

Karawang, 23 November 2018

Penulis

Tjitjih Mulianingsih WS

 


tgl-post2018-11-23 author-postSuper Admin label-postInformasi Sekolah
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 1 komentar untuk berita ini
  • foto_komentator
    zaky m 2019-01-09
    mau tanya, ini sd puri artha ya pak/bu? pendaftaran siswa baru sudah dibuka kah? saya mau tau pak/bu kegiatan di sd. tapi di web nya blm ada info2.
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.websitekamudong.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas